Info Terbaru 2022

Teks Pidato Perihal Kebersihan Lingkungan Sekolah ( Referensi Pidato Terbaik )

Teks Pidato Perihal Kebersihan Lingkungan Sekolah ( Referensi Pidato Terbaik )
Teks Pidato Perihal Kebersihan Lingkungan Sekolah ( Referensi Pidato Terbaik )

Berikut Contoh Teks Pidato Tentang Kebersihan Lingkungan Sekolah ( Contoh Pidato Terbaik ) :

Teks Pidato Tentang Kebersihan Lingkungan Sekolah  Teks Pidato Tentang Kebersihan Lingkungan Sekolah ( Contoh Pidato Terbaik )



( CONTOH 1 )

Assalamu'alaikum Wr. Wb,
Puji Syukur kehadirat Allah SWT yang telah memperlihatkan kita nikmat berupa kesehatan jasmani dan rohani sehingga kita sanggup berkumpul pada program hari ini. Ucapan terima kasih tak lupa saya sampaikan kepada rekan rekan guru dan bawah umur ku tercinta siswa siswi di lingkungan sekolah tercinta kita ini.

Hadirin yang saya cintai, lingkungan di sekitar kita seharusnya bisa mencerminkan budaya kita yang selalu mengedepankan kenyamanan. Alangkah tidak bijaknya kalau lingkungan di sekitar kita terlihat tidak yummy dipandang dan terasa tidak lagi nyaman.  Apalagi sekolah ini yang menjadi daerah setiap hari kita singgahi untuk menuntut ilmu.

Lingkungan sekolah seharusnya selalu terlihat bersih, sejuk, dan menentramkan sehingga ketika kita belajar, kita tidak lagi terganggu dengan ketidaknyamanan akan adanya sampah. Oleh lantaran itu, saya sebagai cuilan dari sekolah ini sangat menginginkan akan terus dijaganya kebersihan lingkungan sekolah yang kita cintai.

Setiap kelas seharusnya sudah mempunyai kedisiplinan tersendiri akan pentingnya kebersihan. Setiap siswa yang mempunyai agenda piket, sudah sepatutnya mereka selalu tiba lebih awal sehingga ketika pelajaran pertama sudah dimulai, lingkungan kelas kita sudah mulai higienis dan nyaman untuk ditempati.


Pidato Singkat Tentang Kebersihan Lingkungan Sekolah
Dan tidak lupa pula, kita semua sebagai siswa seharusnya selalu sadar bahwa adanya tong sampah bukanlah tanpa tujuan. Disediakannya tong sampah niscaya selalu beralasan yaitu biar kita selalu membuang sampah pada tempatnya sehingga sekolah kita tidak menyerupai lapangan sepakbola yang habis dipakai sebagai konser, ada banyak sampah yang tak sedap dipandang mata.

Akhirnya, menyerupai halnya diajarkan oleh agama bahwa kebersihan yaitu cuilan dari Iman, meski kontek fatwa tersebut tidak hanya mencerminkan kebersihan jasmani, tapi juga mencerminkan kebersihan rohani, setidaknya dengan adanya kesadaran kita semua akan kebersihan lingkungan sekolah, semoga saja kita menjadi salah satu cuilan yang menyebabkan sekolah kita sebagai daerah yang membawa kita terus menjaga keimanan kita kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Akhir kata, terima kasih atas kesempatan diberikannya waktu untuk memberikan sepatah dua patah pidato singkat ini, kalau ada salah kata semoga bisa dimaafkan.
Wassalamualaikum Wr. Wb.

---------------------------------------------------------------

( CONTOH 2 )

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Yang terhormat Kepala sekolah SMPN 2 Genteng,
Yang saya hormati Bapak/Ibu guru dan staf karyawan SMPN 2 Genteng
serta teman-temanku yang berbahagia.
Pertama-tama marilah kita mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa lantaran dengan rahmat-Nya kita sanggup berkumpul di ruangan ini dalam keadaan sehat tanpa kurang suatu apapun. Perkenankanlah saya bangun disini untuk membahas wacana kebersihan lingkungan sekolah.


Hadirin yang saya hormati
Kebersihan lingkungan sekolah di dalam kehidupan kita haruslah kita perhatikan, lantaran kebersihan lingkungan sangat bersahabat kaitannya dengan kesehatan kita. Apabila lingkungan higienis maka kesehatan kita pun ikut terjaga, begiti pula sebaliknya.

Kebersihan lingkungan sebetulnya sanggup dimulai dari diri kita sendiri, mulai dengan membiasakan membuang sampah pada tempatnya, melaksanakan 3M untuk mencegah DBD (deman berdarah), dan juga hal-hal lain.
Apabila kita telah melaksanakan hal-hal tersebut maka kita sanggup mengajak semua warga sekolah untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah kita.

Sebagai contoh, kita warga sekolah sanggup melaksanakan daur ulang terhadap sampah-sampah bekas masakan yang kita makan, yaitu dengan cara memisah sampah plastik dengan sampah dedaunan ataupun sampah organik. Sampah-sampah organik sanggup kita jadikan kompos, sedangkan sampah-sampah plastik sanggup kita daur ulang menjadi barang kerajinan ataupun hal-hal lain yang bermanfaat.

Dengan kompos yang kita buat, kita juga sanggup menanam bunga-bunga dan tumbuhan-tumbuhan yang mempunyai kegunaan untuk menjaga lingkungan dari polusi udara, dan menambah asri lingkungan sekolah kita.

Demikianlah sedikit hal-hal yang sanggup saya sampaikan semoga dengan kepedulian kita terhadap lingkungan sekolah sanggup membuat gambaran kasatmata yang sanggup menjadi pola bagi warga sekolah lainnya dan juga semoga sanggup membuat lingkungan yang higienis dan asri bagi kita semua.

Demikian yang sanggup saya sampaikan. Saya mohon maaf apabila ada kata-kata saya yang tidak berkenan di hati.

Saya juga mengucapkan terima kasih atas perhatian dari teman-teman sekalian dan selesai kata saya ucapkan
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.


--------------------------------------------------------


( CONTOH 3 )


Assalamualaikum wr.wb

Selamat pagi

Kepada yang terhormat kepala sekolah, Bapak H. Muhammad Shodiq M.Si
Yang terhormat wakil Kepala sekolah, Ibu Wulandari Astuti M.Pd
Yang saya hormati Bapak dan Ibu guru beserta seluruh staff
Dan Siswa-siswi yang saya banggakan

Marilah kita bersyukur kepada Allah SWT atas rahmat dan hidayahnya yang telah beliau berikan sehingga kita semua sanggup berkumpul dalam ruangan ini tanpa halangan sedikitpun dan juga marilah kita sampaikan shalawat serta salam kepada nabi besar kita Nabi Muhammad saw beserta seluruh keluarga, sahabat dan seluruh umatnya semoga kita diberikan syafaatnya dan dipertemukan olehnya di yaumil selesai kelak, Aminnn.

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sebuah pidato dengan tema pentingnya menjaga kebersihan di lingkungan sekolah kita ini. Semoga apa yang akan saya sampaikan bermanfaat buat kita semua khususnya bagi seluruh penghuni sekolah ini.

Hadirin yang berbahagia,

Saat ini saya merasa khawatir sekaligus prihatin dengan apa yang telah terjadi di lingkungan sekolah kita ini. Banyak sampah berantakan dimana-mana di setiap sudut sekolah ini. Padahal, sudah banyak slogan-slogan wacana menjaga kebersihan yang ditempel-tempel di dinding sekolah tetapi semua itu tidak berguna. Mereka hanyalah menjadi penghias yang tidak dihiaraukan. Mengapa hal itu bisa terjadi? hal ini dikarenakan hilangnya kesadaran akan hidup higienis di dalam diri siswa-siswi kita. Mereka tidak peduli lagi dengan kebersihan lingkungan dan seolah-olah para siswa tidak mengetahui akan ancaman lingkungan kotor di sekitar mereka. Apakah kalian tidak menyadari ancaman lingkungan kotor di sekolah kita? Apakah kalian tidak mengetahui bahwa apa yang menimpa sahabat kalian baru-baru ini merupakan akhir dari lingkungan kotor ini.

Teman kalian yang sedang di rawat di rumah sakit ketika ini terkena demam berdarah yang disebabkan oleh gigitan nayamuk yang bersarang di dalam kelas kalian. Hal ini mengambarkan bahwa, sekolah kita sedang berada dalam bahaya. Oleh lantaran itu, saya menghimbau kepada seluruh penghuni sekolah ini untuk melaksanakan kegiatan bersih-bersih di sekolah ini.

Hadirin yang berbahagia,

Tahukah kalian apa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan? Lingkungan merupakan daerah dimana kita tinggal dan bayangkan kalau lingkungan daerah kita tinggal tersebut penuh dengan sampah, tentunya kita tidak akan nyaman tinggal di lingkungan tersebut. Oleh lantaran itu, menjaga kebersihan lingkungan sangatlah penting untuk dilakukan lantaran sanggup membuat kehidupan yang aman, bersih, sejuk dan sehat. Menjaga kebersihan sanggup bermanfaat bagi kita semua diantaranya adalah:

Yang pertama yaitu terhindar dari banyak sekali macam penyakit.

Lingkungan yang kotor merupakan sarang bagi penyakit untuk berkembang biak. Dan kalau kita membersihkan lingkungan kita, bibit-bibit penyakit menyerupai kuman, nyamuk, bakteri, dan lain-lain akan mati sehingga kita terhindar dari banyak sekali macam penyakit.
yang kedua yaitu lingkungan menjadi sejuk.

Dengan sejuknya lingkungan, niscaya kita semua akan merasa nyaman sehingga akan membuat penghuninya betah. Jika lingkungan kita sejuk, pastilah sekolah kita menjadi daerah yang nyaman untuk belajar.

Dan yang terakhir yaitu membuat kita damai dalam menjalankan kegiatan sehari-hari.

Lingkungan yang higienis mempunyai berfungsi sebagai daerah rileksasi sehingga menghindari kita dari rasa jenuh atau stress akhir kegiatan sehari-hari.

Hadirin yang berbahagia,

Apa yang telah saya sebutkan diatas yaitu sebagian manfaat dari menjaga lingkungan atau kebersihan sekolah kita. Lalu bagaimankah cara untuk mewujudkan itu semua? ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk membuat lingkungan yang higienis di sekolah kita diantaranya adalah:

Melakukan kerja bakti

Kerja bakti akan memudahkan kita mendapat lingkungan yang bersih. Ada banyak hal yang bisa kita bersihkan di sekolah ini menyerupai menyingkirkan sampah yang berserakan, membersihkan toilet dan melancarkan aliran selokan.

Mengoptimalkan kembali agenda piket

Piket kelas yaitu cara yang ampuh untuk menjaga kebersihan di sekolah. Bila perlu kita harus mengadakan eksekusi bagi setiap siswa yang tidak melaksanakan piket. Dengan piket kelas, sekolah kita khususnya ruang kelas akan menjadi higienis setiap harinya.
mengadakan jumat higienis setiap minggu

Piket saja tidak cukup untuk menjaga kebersihan sekolah. Kita perlu mengadakan kerja bakti setiap hari jumat sehingga sekolah kita akan selalu higienis dan nyaman sepanjang waktu.

Hadirin yang saya berbahagia,

Sekali lagi saya mengingatkan bahwa sekolah kita harus dibersihkan biar menjadi daerah yang nyaman untuk berguru dan mencegah wabah demam berdarah terus berlanjut. Oleh lantaran itu, marilah kita membersihkan lingkungan sekolah kita dengan cara-cara yang telah saya sebutkan di atas.


Demikianlah pidato singkat yang bisa saya sampaikan. Terimakasih atas perhatiannya dan saya akhiri wassaalmuaiakum wr. Wb.


---------------------------------------------------------


( CONTOH 4 )

Bismillahirrahmaanirrahiim

Assalamualaikum wr, wb

Para guru yang saya hormati, serta para murid yang saya cintai,

Pada kesempatan kali ini, marilah kita sama-sama mengucapkan syukur ke hadirat Illahi atas rahmat dan karunia yang telah Dia berikan, sehingga kita bisa berkumpul di pagi yang cerah ini. Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan pidato yang berkenaan dengan kebersihan, khususnya kebersihan yang ada di lingkungan sekolah kita tercinta.

Para hadirin yang saya hormati dan saya banggakan,

Beberapa hari ini saya sangat menyayangkan kondisi kebersihan di sekolah tercinta kita ini. Betapa tidak, hampir di setiap sudut sekolah tampak sampah plastik dan sisa jajanan siswa bertumpukkan. Belum lagi kamar mandi yang kebersihannya makin memprihatinkan saja. Padahal, telah kita ketahui bersama bahwa Tuhan sangat menyukai orang yang higienis dan sangat suka membersihkan sesuatu yang ada padanya. Maka dari itu, kita selaku makhluk Tuhan semestinya bisa menjaga kebersihan, khususnya di sekolah kita tercinta ini.

Untuk itu, dalam pidato ini, saya menghimbau kepada seluruh pihak sekolah, baik itu guru, petugas sekolah, murid, dan termasuk diri saya sendiri untuk sanggup saling pundak membahu dalam membersihkan lingkungan sekolah kita. Menjaga kebersihan lingkungan sekolah bisa kita lakukan dengan membuang sampah bekas masakan kita ke daerah sampah dan membersihkan kamar mandi sehabis buang air. Jikalau ada sampah yang berserak di sekitar sekolah, kita mesti memungutnya dan membuangnya ke daerah sampah yang tersedia. Dengan begitu, maka lingkungan sekolah kita pun akan higienis dan kita pun akan semakin nyaman berada di sekolah yang kita cintai ini.

Sekali lagi saya mengimbau kepada hadirin sekalian, mari kita sama-sama menjaga kebersihan sekolah kita biar kebersihan lingkungan sekolah kita terjaga dan kita pun akan semakin nyaman berada di sekolah yang kita cintai ini.

Mungkin hanya itu saja yang bisa sama sampaikan. Kurang lebihnya mohon maaf.

Wassalamualaikum wr, wb.
Advertisement

Iklan Sidebar