Info Terbaru 2022

Teks Pidato Mencari Ilmu Sepanjang Hayat ( 5 Pola Terbaik )

Teks Pidato Mencari Ilmu Sepanjang Hayat  ( 5 Pola Terbaik )
Teks Pidato Mencari Ilmu Sepanjang Hayat  ( 5 Pola Terbaik )

Teks Pidato Mencari Ilmu Sepanjang Hayat   Teks Pidato Mencari Ilmu Sepanjang Hayat  ( 5 Contoh Terbaik )

Berikut adalah Teks Pidato Mencari Ilmu Sepanjang Hayat  ( Contoh Terbaik ) :

( CONTOH 1 )

Assalamu’alaikum warokhmatullahi wabarokatuh

Alhamdulillah, Alhamdulillahirobbil ‘alamin
Assholatu wassalamu ‘ala asyrofil anbiya-I wal mursalin
Wa’ala alihi wa shokhbihi ajma’in, amma ba’du

Pertama-tama dan yang paling utama, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah swt, yang telah melimpahkan nikmat, rahmat dan hidayah-Nya kepada kita, sehingga kita sanggup berkumpul dalam kesempatan yang membahagiakan ini.

Selanjutnya, shalawat berbingkai salam marilah kita sanjungkan kepada Rasulullah Muhammad saw, yang telah memayungi kita dari panasnya mentari jahiliyah, sehingga kita berada dalam kesegaran dan kedamaian di bawah naungan Islam.

Yang saya hormati, Bapak/ Ibu dewan juri yang berakal bijaksana, serta teman-teman yang saya sayangi, pada kesempatan ini saya akan memberikan khitobah dengan judul “Mencari Ilmu Sepanjang Hayat”.
Islam mengajarkan kita senantiasa mencari ilmu dan ulet belajar. Mencari ilmu itu wajib bagi setiap muslim.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh sahabat Annas radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah saw bersabda:
Tholabul ‘ilmi faridhotun ‘ala kulli muslimin
Artinya: mencari ilmu itu wajib atas setiap muslim.

Bapak/ Ibu serta teman-teman yang saya hormati,
Manusia yang bermanfaat itu ialah insan yang membekali dirinya dengan ilmu, lalu mengamalkannya dan mengajarkannya kepada orang lain.

Dan sesunggunya mencari ilmu itu tidak ada batasan waktu dan tempatnya, minal mahdi ilal lahdi, minal makan ilal makan. Mulai semenjak kita digendong ibu hingga kita masuk ke liang lahat, dan dari satu kawasan ke kawasan yang lain.

Namun teman-teman, ternyata banyak hal memprihatinkan yang sering terjadi pada teman-teman kita:
Kalau sudah lulus SD jadi aib mengaji, sudah khatam Al-Qur’an, jadi bosan mengaji. Na’udzubillahi min dzalik.

Teman-teman yang dirahmati Allah..
Kita ialah generasi penerus bangsa. Maka dari itu, marilah kita ulet dan disiplin dalam mencari ilmu, baik ilmu agama maupun ilmu pengetahuan umum.

Teman-teman ngantuk ya?
Yaudah deh, saya pamit aja.

Tapi, sebelumnya kita shalawatan dulu ya, biar tetap semangat. Shalawatnya, sholawat badar tapi pake nada Lir-ilir-nya Sunan Kalijaga. Pasti teman-teman udah hafal kan?
Siap ya...

Sholatullah salamullah        ‘ala thoha rosulillah
Sholatullah salamullah        ‘ala ya-sin habibillah
     
Kanca-kanca aja dilaleke        Ayo pada mempeng sinaune
Tugas lan PR ndang dikerjaake        Ojo mung nonton tivi wae
Ganteng-ganteng sering gile

Akhirul kalam, billahi taufiq wal hidayah,
Wassalamu’alaikum wr.wb.

----------------------------------------------------------


Teks Pidato Mencari Ilmu Sepanjang Hayat  ( Contoh 2 )


Pembukaan Pidato Keutamaan Menuntut Ilmu

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat serta hidayahnya sehingga pada kesempatan hari ini kita sanggup bertemu dan berkumpul bersama sama lantaran tanpa nikmat dari-Nya kita tidak akan sanggup berkumpul dan mendengarkan pidato yang saya bawakan ini.

Tak lupa juga saya ucapkan kepada segenap hadirin dan sobat sahabat semua yang mana telah menyempatkan diri untuk menghadiri dan mendengarkan pidato yang akan saya bawakan.

Isi Pidato Tentang Menuntut Ilmu
Hadirin yang saya cintai, dengan ilmu kebahagiaan dunia akan kita rasakan. Dengan ilmu juga kebahagian alam alam abadi pun akan kita raih. Sebagaimana termaktub dalam Hadits Nabi, Yang Artinya : ”Barang siapa yang menghendaki kehidupan dunia maka wajib baginya mempunyai ilmu, dan barang siapa yang menghendaki kehidupan Akherat, maka wajib baginya mempunyai ilmu, dan barang siapa menghendaki keduanya maka wajib baginya mempunyai ilmu”. Semakin kita mempunyai ilmu, kebutuhan dan kebahagian dunia sanggup kita rengkuh, begitu pula impian kebagaiaan di alam abadi sanggup kita rasakan.

Para hadirin sekalian yang saya sayangi, kita niscaya mempunyai banyak keinginan di dunia ini, tapi jikalau kita tidak mempunyai ilmu, rasanya tidak mungkin keinginan kita sanggup tercapai. Misalnya saja, kita ingin mendapat nilai yang anggun dalam ujian, tapi kita tidak pernah mencar ilmu atau menuntut ilmu pelajaran yang akan diujikan, maka sangat tidak mungkin kita sanggup meraih nilai yang bagus. Begitu juga dengan keinginan-keinginan kita yang lain.

Oleh lantaran itu, hadirin sekalian, menuntut ilmu begitu sangat diutamakan. Apalagi bagi kawan-kawan yang masih duduk di sekolah, tidak ada alasan bagi kita untuk bermalas-malasan dalam belajar. Sebab mencar ilmu atau menuntut ilmu ialah sebuah kewajiban bagi kita semua. Bagaimanapun, masa depan bangsa kita ini berada di bahu kita, sehingga kita sangat dituntut untuk menuntut ilmu sedalam-dalamnya.

Penutup Pidato Tentang Menuntut Ilmu
Demikianlah pidato singkat wacana keutamaan menuntut ilmu yang sanggup disampaikan pada kesempatan ini. Semoga, kita semua sanggup terus mencar ilmu tanpa merasa malas sehingga kita sanggup mencicipi nikmatnya mempunyai ilmu.

Akhir kata, semoga ulasan singkat ini sanggup mengingatkan kita akan pentingnya menuntut ilmu. Wallaahul muwaafiq ila aqwaamittooriq

Wassalaamu’alaikum Warohmatullaahi Wabarokaatuh.

------------------------------------------------------------------------------


KEWAJIBAN MENUNTUT ILMU ( CONTOH 3 )



بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحَِيْمِ

ا لـسَّـلاَ مُ عَلَيْكُمْ وَ رَحْمَةُ اللهِ وَ بَرَكَا تُهُ

اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِيْ عَلَّمَ الإِنْسَانَ مَالَمْ يَعْلَمْ وَالَّذِيْ أَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِالْهُدَى وَالدِّيْنِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلٰى الدِّيْنِ كُلِّهِ وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُوْنَ.

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.

اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ

وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنِ اهْتَدَى بِهُدَاهُ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ



Sebagai pembuka marilah kita memanjatkan rasa puji syukur kepada Allah SWT. Yang tidak pernah berhenti sedikitpun memperlihatkan rahmat dan nikmat kepada kita sehingga kita sanggup hadir di majelis ini benar-benar memenuhi kewajiban kita menuntut ilmu, yang mana ilmu tersebut sebagai bekal kita menghadap Allah Yang Maha Kuasa.

Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW. Sebagai uswatun khasanah bagi kita umat manusia.

Hadirin yang saya hormati,

Pada kesempatan yang berbahagia ini merilah kita niati untuk menambah ilmu, niat beribadah kepada Allah.

Disini saya akan memberikan wacana : ” KEWAJIBAN MENUNTUT ILMU “

Rasulullah SAW bersabda :

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِ يْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُـسْلِمٍ وَ مُسْلِمَةٍ ( رواه الترمذى، ابن ماجه و النسائ )

Artinya : “ Menuntut ilmu ( itu ) wajib bagi setiap muslim laki – laki dan wanita “

( H.R. Tirmidzi, Ibnu Majah dan Nasai ).



Ilmu sangatlah penting bagi seseorang dalam segala hal. Ilmu laksana pelita, ilmu ialah cahaya dalamkegelapan.

Dalam melaksanakan segala sesuatu supaya mendapatka hasil yang baik, dibutuhkan ilmu, yakni ilmu pengetahuan yang mengakibatkan seseorang mengetahui dan paham akan kualitas hasil yang diusahakan, sebagai pola seseorang akan tahu kualitas ibadah kepada Allah apabila ia mengetahui ilmu pengetahuan syarat – syarat suatu ibadah, nilai dan makna yang penting.

Seorang petani tidak akan menjadi petani yang sukses tanpa mengetahui ilmu dan cara bercocok tanam. Begitu pula seorang pedagang tidak akan menjadi pedagang yang sukses tanpa tahu ilmu dan cara berdagang.

Rasulullah SAW mengajak umatnya untuk mencari ilmu semenjak ayunan bunda hingga liang lahad. Sebagaimana sabda dia :

اُ طْلُبُوْا العِلْمِ مِنَ المَهْدِ اِلَى اللَّحْدِ

Artinya : “ Tuntutlah ilmu dari buaian hingga liang lahat” .

Untuk itu, maka kewajiban kita ialah mencetak pola pikir kita biar menjadi orang yang berpengetahuan luas. Yang siap menghadapi tantangan zaman, arus globalisasi, serta perkembangan teknologi yang semakin canggih. Sebagai penerus bangsa, kita harus menjadi anak bangsa yang berkualitas dalam segala hal dan harus mempunyai cita – cita yang tinggi demi masa depan kita yang cerah nanti. Oleh lantaran itu, kita dihentikan bermalas – malasan dalam mencar ilmu biar menjadi orang yang berkhasiat kelak. Sebagai penerus bangsa pula, sudah sewajarnya bagi kita untuk mempunyai semangat juang yang tinggi demi kemajuan bangsa, lantaran masa depan bangsa ada di tangan kita.

اِنَّ فِيْ يَدِ الشُّبَّا نِ أَ مْرُ الاُ مَِّةِ وَ فِي أَ قْدَا مِهَا حَيَا تَهَا

Artinya : “ Sesungguhnya di tangan perjaka terletak urusan ummat dan pada keberaniannya terletak kehidupan ummat ” .

Demikianlah yang sanggup saya sampaikan, segala kebenaran berasal dari Allah, dan mohon maaf apabila ada ucapan atau perbuatan yang kurang berkenan di hati hadirin sekalian.

Pak Dadang makan ketan, dimakannya sesudah mandi.

Kalau masih ada kesempatan, kita akan berjumpa lagi.

Amin Ya Rabbal ‘Alamin.

وَ بِا للهِ التَّوْ فِيْقِ وَ الْهِدَ ا يَةِ وَ الرِّضَى وَ العِنَا يَةِ

وَ ا لسَّلاَ مُ عَلَيْكُمْ وَ رَحْمَةُ اللهِ وَ بَرَكَا تُهُ

------------------------------------------------------------------


KEWAJIBAN MENUNTUT ILMU ( CONTOH 4 )



بِسْمِ اللهِ الرّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلَامُ  عَلىَ اَشْرَفِ اْللأَنْبِياَءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ سَيِّدِناَ وَمَوْلَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ, اَمَّا بَعْدُ

Pertama-tama dan yang paling utama marilah kita sama-sama memanjatkan puji dan syukur kita kehadirat Allah SWT. Yang mana atas berkat taufik dan hidayahNya serta rahmatNya sehingga kita semua sanggup berkumpul ditempat yang sederhana ini dengan niat menuntut ilmu.

Sholawat serta  salam tidak lupa kita sanjungkan serta kita hanturkan kepada sang pangkuan, sang junjungan  nabi besar Muhammad SAW. Yang mana oleh lantaran dia telah membebaskan kita dari zaman jahiliyah menuju zaman yang penuh dengan ilmu pengetahuan, dari kegelapan menuju jalan yang terperinci benderang.

Hadirin yang berbahagia,

Rasulullah SAW bersabda:

طَلَبُ العِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِم

”Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap orang muslim.”

Kenapa dalam menuntut ilmu itu diwajibkan,???

Sebab dengan ilmu kita akan menjadi tahu yang mana yang baik dan yang mana yang buruk, dengan ilmu kita tahu mana yang hak dan mana yang bathil, dengan ilmu kita tahu mana yang halal dan mana yang haram.

Hadirin yang dirahmati Allah Swt.

Catatan penting kenapa kita harus menuntut ilmu.

Yang pertama, Karena ilmu merupakan cahaya kehidupan dalam kegelapan, yang akan menerangi dan membimbimg insan kepada jalan yang benar.
Yang kedua, Karena ilmu merupakan alat untuk membuka diam-diam alam, yakni diam-diam kesuksesan hidup di dunia dan di akhirat.

Yang ketiga, Karena dalam menuntut ilmu tidak mempunyai batasan waktu hingga tamat hayat, oleh lantaran itu carilah ilmu walau ilmu tersebut berada jauh di perantauan, dan lengkapilah ilmu alam abadi dengan ilmu dunia biar kita senang di dunia dan alam abadi yakni dengan menyeimbangkan keduanya.
Yang keempat, Allah Swt telah menjanjikan akan mengangkat derajatnya bagi orang berilmu menjadi orang yang mulia beserta orang-orang yang beriman.
يَرْفَعِ اللهِ الّذِيْنَ آمَنُوا مِنْكُم وَالَذِيْنَ اُوتُوا العِلْمَ دَرَجَاتِ

“Allah mengangkat orang-orang yang beriman dan orang-orang yang berilmu beberapa derajat”

(QS. Al Mujadilah: 11)

Hadirin yang dimuliakan Allah Swt

Semoga kita semua termasuk kedalam orang-orang yang Allah Swt beri ilmu sehingga kita sanggup mengamalkan ilmu yang kita sanggup dan menjadikannya ibadah dalam menuntut ilmu.

Demikianlah pidato singkat dari saya, mohon maaf atas segala kesalahan dan kehilapan dalam penyampaian, Semoga dengan apa yang saya sampaikan sanggup memperlihatkan manfaat bagi kita semua lebih khusus untuk saya eksklusif yang fakir dengan ilmu, serta menjadi penyemangat kita dalam dalam menuntut dan mempelajari ilmu pengetahuan, serta semoga dengan ilmu sanggup menambah keimanan kita.

-----------------------------------------------------------------

 ( CONTOH 5 )


Contoh Pidato Kewajiban Mencari Ilmu Sepanjang Hayat


Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.

(Mukadimah sanggup Anda buat sendiri).

Hadirin yang berbahagia.

Ilmu itu ialah harta yang berharga dan tidak berat dibawa ke mana-pun kita pergi. Ilmu juga sanggup dikatakan sebagai kunci dalam beramal.

Amal tanpa ilmu hanya akan percuma lantaran kita membutuhkan ilmu untuk berzakat atau melaksanakan suatu pekerjaan.

Membaca ada ilmunya, berhitung ada ilmunya, dan semua pekerjaan yang kita lakukan tidak lepas dari ilmu.

Itu mengambarkan bahwa kedudukan ilmu itu sangat penting dalam kehidupan.

Dalam Islam juga terdapat keterangan bahwa menuntut ilmu itu wajib dari semenjak buaian hingga ke liang kubur. Itu mengambarkan bahwa Islam mendidik para pemeluknya untuk mencari selama napas masih menghembus atau nyawa masih dikandung badan.

Tidak tanggung juga Allah menjanjikan bahwa orang-orang yang berilmu akan diangkat derajatnya.

Dengan ilmu, insan tidak akan tersesat dalam "kegelapan", lantaran itu sanggup berlaku sebagai pelita yang menerangi langkah kita.

Baik ilmu yang bersifat umum maupun ilmu yang berkaitan dengan keislaman, semuanya dipandang penting. Ilmu pengetahuan umum penting kita miliki sebagai bekal menjalani kehidupan di dunia, begitu juga ilmu keagamaan yang sanggup mengakibatkan penerang jalan menuju surga.

Oleh alasannya ialah itu, ilmu sangatlah penting bagi insan lantaran sanggup mengakibatkan insan selamat, di dunia maupun di alam abadi kelak. Sehingga kehidupan duniawi sanggup kita raih, dan alam abadi pun sanggup kita gapai.

Mari kita tingkatkan ibadah kita dengan salah satu amalan wajib yaitu mencari ilmu.

Semoga apa yang disampaikan dalam kesempatan ini sanggup bermanfaat bagi kita semua.

Wassalamualaikum warahmatullohi wabarokaatuh.

Demikian rujukan dan pola '' Teks Pidato Mencari Ilmu Sepanjang Hayat  ( 5 Contoh Terbaik ) ''. Semoga bermanfaat dan sanggup menjadi rujukan bagi anda yang ketika ini sedang mencari rujukan teks pidato.
Advertisement

Iklan Sidebar