Info Terbaru 2022

[Review Jujur] Aplikasi Flip – Transfer Antar Bank Gratis Tanpa Biaya Admin

[Review Jujur] Aplikasi Flip – Transfer Antar Bank Gratis Tanpa Biaya
Admin
[Review Jujur] Aplikasi Flip – Transfer Antar Bank Gratis Tanpa Biaya
Admin

Review Flip – Halo sobat Inspirilo sekalian, di artikel kali ini saya akan mereview sebuah aplikasi yang sudah setahun terakhir ini terinstal di android dan cukup rutin saya gunakan. Ini ialah aplikasi yang fungsinya untuk bantu kita dalam urusan transfer uang antar bank secara gratis alias tanpa biaya admin. Sudah tau dong nama aplikasinya apa? Ya benar.. sesuai judulnya, aplikasi yang saya maksud ialah Flip – Transfer Antar Bank tanpa Biaya.


Sedikit flashback ke tahun simpulan 2017 kemudian di mana saya mendaftar aplikasi ini. Awal mula saya menemukan info terkait aplikasi flip ini ketika mencari informasi isyarat bank di Google untuk keperluan transfer ke bank lain. Saya diarahkan pada halaman yang memuat info isyarat bank lengkap, dan itu ialah halaman website flip.


Dari yang tadinya mau eksklusif pencet tombol close tab, saya merasa tertarik dengan web tersebut. Yang kemudian gres saya sadari bahwa flip itu bukan sekdar web informasi, melainkan sebuah aplikasi layanan transfer begitu. Intinya di web flip ini pada dasarnya ngasih tau, sanggup lho kita transfer beda bank tanpa biaya admin dengan memanfaatkan aplikasi flip.


Kita tahu bahwa transfer dari satu bank ke bank lain itu ada biaya yang harus dikeluarkan, biasanya 6.500 pertransaksi. “Apa sanggup transfer beda bank gratis gak pake biaya admin?” Itu yang ada di benak saya waktu itu.


Cara Kerja Flip


 di artikel kali ini saya akan mereview sebuah aplikasi yang sudah setahun terakhir ini te [Review Jujur] Aplikasi Flip – Transfer Antar Bank Gratis Tanpa Biaya Admin
flip.id

Akhirnya tanpa butuh waktu usang buat menjawab pertanyaan dalam benak, saya sanggup paham apa yang ditawarkan. Intinya si flip ini jadi fasilitator atau pihak ke tiga yang membantu kita guna memangkas biaya transfer.


Gimana caranya? Simpel sekali. Contohnya:



  • Andi punya rekening BNI dan mau transfer sejumlah uang ke Roni yang rekeningnya BCA.

  • Dengan pinjaman aplikasi flip, maka Andi tidak eksklusif transfer dananya ke BCA Roni.

  • Melainkan melalui rekening BNI milik flip.

  • Setelahnya Flip melalui rekening BCA bakal meneruskan transfer milik Andi ke BCA Roni.


Jadi otomatis tidak ada biaya admin kan. Ya sesimpel itu mekanismenya.


Dan ini solutif sekali sih berdasarkan saya pribadi. Sebagai orang yang cukup sering bertransaksi secara online yang mengharuskan transfer uang ke orang lain, ini terang membantu. Karena tidak jarang rekening tujuan transfer juga berbeda dengan rekening yang dipunya. Untuk sekali dua kali mungkin biaya admin 6.500 tidak terlalu terasa nilainya. Tapi kalau dikali 100 kali transfer missal, kan tidak mengecewakan juga tuh. 🙂


Download Flip di Playstore


 di artikel kali ini saya akan mereview sebuah aplikasi yang sudah setahun terakhir ini te [Review Jujur] Aplikasi Flip – Transfer Antar Bank Gratis Tanpa Biaya Admin
flip.id

Jadi singkat dongeng saya eksklusif download aplikasi Flip di Playstore dan eksklusif melaksanakan pendaftaran dengan mengisi aneka macam kolom isian, dari nama, no.hp, email dll.


Waktu itu sebelum akun flip-nya sanggup digunakan, terlebih dahulu saya harus melaksanakan aktivasi dengan KTP di Alfamart dengan membayar sejumlah uang. Tapi saya juga lupa lagi nominalnya berapa, maklum sudah setahun yang lalu.


Ya cukup ribet memang untuk sekadar urusan verifikasi data dan aktivasi harus keluar rumah dan pergi ke minimarket. Tapi ya memang begitu prosedurnya. Terlebih flip ini memang sudah berizin resmi dan terlisensi Bank Indonesia. Kaprikornus pastinya terjamin keamanannya dan orang yang mendaftar dihentikan sembarangan dan harus benar-benar faktual sebagai warga negara yang sah.


Apa saja yang dilakukan Flip? – Fitur dan Keunggulan


 di artikel kali ini saya akan mereview sebuah aplikasi yang sudah setahun terakhir ini te [Review Jujur] Aplikasi Flip – Transfer Antar Bank Gratis Tanpa Biaya AdminMenurut saya aplikasi flip ini sangat user friendly, artinya praktis untuk digunakan. Tampilan antarmuka yang cerah dan menu-menu yang praktis dimengerti sanggup mendukung meningkatkan pengalaman pengguna ketika mencoba aplikasi ini. Saya merasakannya sendiri.


Dulu pas awa-awal, gaya bahasa pengantar di flip ini cukup santai dan anak muda banget. Salah satunya yang paling terasa ialah sapaan “Kak” sebelum nama. Walaupun kini sudah tidak ibarat itu, hanya sebut nama saja J. Oke itu tidak terlalu esensial buat saya.


Lebih menelisik ke dalam, bagaimana sih aplikasi besutan PT. Fliptech Lentera Pertiwi ini bekerja, apa saja keunggulannya, dan manfaatnya? Berikut ialah uraiannya yang saya jelaskan berdasarkan pengalaman.


1. Flip sudah mengcover banyak pilihan bank besar


Sejauh ini flip mendukung kita untuk melaksanakan transfer ke bank-bank lain yang populer.  Kaprikornus kita sanggup lebih leluasa untuk transfer bebas biaya admin ke banyak orang yang rekeningnya berbeda dengan yang kita punya.


Transfer dari dan ke BCA, BNI, Mandiri, BRI, CIMB Niaga, BTPN, Jenius, BTPN Wow, BNI Syariah, Mandiri Syariah, CIMB Niaga Syariah, dan Muamalat tanpa biaya administrasi. Transfer sanggup dilakukan ke siapapun, peserta tidak perlu mempunyai akun Flip.


2. Otomatis mendeteksi nama pemilik rekening


Saat proses kirim uang, terlebih dahulu kita akan berhadapan dengan form isian Bank yang kita pakai, kemudian bank tujuan transfer. Kemudian kita harus menuliskan nomor rekening tujuan di kolom yang tersedia, tanpa harus menuliskan isyarat bank.


Segera sehabis nomor rekening tujuan dituliskan, maka sistem akan eksklusif mendeteksi dan menampilkan nama pemilik rekening yang kita tuju. Dengan begini kita sanggup memastikan bahwa nomor rekening yang kita tuliskan itu tertulis dengan benar. Karena kalau memang salah menuliskan nomor atau nomor rekening dan pilihan banknya tidak klop, maka sistem akan mendeteksinya sebagai error.


3. Kode unik yang memudahkan verifikasi


Setelah proses isian di atas, di tahap simpulan kita bakal disuruh buat transfer sejumlah uang ke rekening flip (sesuai bank yang kita punya) yang mana nantinya akan diteruskan oleh flip ke rekening tujuan kita.


Nah untuk transfernya sendiri itu harus menyertakan isyarat unik 3 digit di simpulan nominal transfer. Misal transfer 100.000, sehabis ditambah isyarat unik jadi 100.050. Ya mirip-mirip isyarat unik ketika belanja di marketplace. Sama-sama bertujuan buat konfirmasi otomatis. Artinya sistem sudah sanggup mengenali bahwa transfer dengan nominal sekian ialah pengirimnya ialah kita. Kaprikornus tidak perlu repot-repot konfirmasi manual.


Pertinyiinnyi…


Kode unik yang jumlahnya 3 digit itu juga uang kan, itu diambil flip ya? BIG NO.


Ya isyarat unik yang nominal ratusan itu tidak diambil oleh sistem perusahaan layaknya di marketplace, melainkan akan dikumpulkan di akun flip kita yang suatu ketika kalau sudah mencapai nominal tertentu sanggup ditarik kembali ke rekening. Ya untuk sekali dua kali transaksi mungkin terasa kecil cuma seratus atau dua ratus lima puluh rupiah. Tapi kalau transfernya rutin, faktor x sanggup berbicara banyak. Nominal dari pengumpulan isyarat unik itu sanggup besar juga.


Jadi pastikan untuk transfer ke flip sesuai dengan nominal yang sudah ditambahi isyarat unik. Karena kalau transfernya tidak sesuai, sistem tidak akan membacanya. Dan kita harus konfirmasi secara manual. Kan repot.


4. Terlihat sisa jumlah antrean transfer secara realtime


Kemudian di tahap selanjutnya, kalau kita sudah transfer ke flip, maka flip akan menampilkan urutan antrian kita secara realtime. Ya kita tahu bahwa yang minta pinjaman flip untuk urusan transfer juga bukan 1 atau 2 orang, tapi sanggup ratusan bahkan ribuan.


Jadi ada proses antre yang tentunya diurutkan bedasarkan yang duluan transfer. Tapi kabar baiknya, kita sanggup secara realtime melihat dan melaksanakan tracking antreannya. Kaprikornus kita tahu dan sanggup mengestimasi kapan transferan kita akan diproses dan diteruskan ke rekening tujuan. Kalau saya sih biasanya eksklusif taruh saja HP nya, tau-tau transferannya selesai diproses aja.


5. Langsung dikirimi bukti transfer


Kita sanggup lihat transparansi dari setiap proses di atas. Pun dengan validas bukti transfer. Kaprikornus segera sehabis transferan kita diproses, pihak flip akan secara eksklusif mengirimkan SS (Screenshot) bukti transfernya yang sanggup eksklusif kita download. Dan sanggup kita kirimkan ke orang atau penjual online yang rekeningnya kita jadikan tujuan transfer guna menguatkan bahwa kita telah transfer.


6. Ada laporan di notifikasi dan email


Selain ada notifikasi transfer sukses di aplikasi, flip juga mengirimkan rekapan transfer sukses ke email terdaftar.


7. Terdapat in-app live chat 


Fitur ini sanggup digunakan guna membantu kalau kau mengalami kesulitan atau sekadar mencari sobat ngobrol.


8. Bisa beli pulsa juga dengan harga murah


 di artikel kali ini saya akan mereview sebuah aplikasi yang sudah setahun terakhir ini te [Review Jujur] Aplikasi Flip – Transfer Antar Bank Gratis Tanpa Biaya AdminFlip juga mempunyai fitur PPOB yang sanggup dapat membantu untuk isi pulsa dan kuota/paket data.


8. Hemat banyak


 di artikel kali ini saya akan mereview sebuah aplikasi yang sudah setahun terakhir ini te [Review Jujur] Aplikasi Flip – Transfer Antar Bank Gratis Tanpa Biaya AdminYa tujuan memakai flip ini kan memang buat memangkas biaya transfer antar bank. Bisa lebih ekonomis pastinya. 6.500 kalau dikalikan 10 kan sudah 65 ribu. Bisa buat beli gorengan sekresek tuh.. hehe.


Lalu dii dashboard aplikasi flip juga akan terlihat berapa nominal yang berhasil kita ekonomis dengan memakai flip. Jangan salah sangka ya, itu nominal bukan saldo yang kita punya di flip.


Soalnya pernah ada sobat saya yang salah sangka dengan nominal di dashboard itu. Pikiranya itu ialah saldo yang berhasil dikumpulkan. Saldo dari mana coba.. hehe.


Itu cuma nominal imajiner yang memberi tahu kita bahwa segitu lho nominal yang telah kita ekonomis selama memakai flip. Artinya kalau kita transfer beda bank secara eksklusif tanpa flip, kita harus mengeluarkan uang segitu untuk sekadar biaya transfer. Kaprikornus kalau sanggup lebih hemat, kenapa tidak?


Kekurangannya?


 di artikel kali ini saya akan mereview sebuah aplikasi yang sudah setahun terakhir ini te [Review Jujur] Aplikasi Flip – Transfer Antar Bank Gratis Tanpa Biaya Admin
flip.id

Tentu tidak ada yang tepat di dunia ini. Di balik seabreg keunggulan yang saya singgung di atas, flip juga menyimpan minus. Ya walau tidak banyak, beberapa kekurangan berikut mungkin sanggup jadi pertimbangan kau akan memakai aplikasi ini atau tidak. Karena dalam beberapa kondisi mungkin akan kurang mendukung.



  1. Tidak sanggup proses transaksi ketika weekend


 di artikel kali ini saya akan mereview sebuah aplikasi yang sudah setahun terakhir ini te [Review Jujur] Aplikasi Flip – Transfer Antar Bank Gratis Tanpa Biaya AdminTidak jarang saya mau melaksanakan transfer beda bank dengan pinjaman flip di hari ahad. Tapi sayangnya flip tidak sanggup memproses transaksi kita pada hari tersebut. Kaprikornus request transaksi transfer yang dilakukan akan diproses pada hari kerja keesokan harinya.


Kalau kau merasa tidak duduk kasus kalau uangnya gres akan hingga esok hari, ya silakan sanggup tetap dipakai. Tapi kalau butuh ketika ini juga transferannya sanggup eksklusif masuk, tentu flip tidak sanggup jadi pilihan.



  1. Antrean transfer cukup usang untuk tujuan bank-bank populer


Untuk hal ini sebenarnya sanggup dimaklumi. Sudah dijelaskan di atas bahwa yang transfer ke flip itu jumlahnya banyak setiap waktunya, terlebih untuk tujuan bank-bank besar. Bisa hingga ratusan antreannya. Kaprikornus transferan kita tidak akan eksklusif diproses, melainkan harus menunggu antrean atau giliran selama beberapa waktu.


Pernah transaksi saya ada di antrean 300 an begitu. Kaprikornus ya cukup usang prosesnya hingga uang transferan sanggup terkirim ke rekening tujuan. Kaprikornus kalau perlu uang sanggup hingga tanpa harus menunggu hitungan menit atau jam, misal alasannya ialah darurat, ya lebih baik tidak gunakan flip. Transfer eksklusif saja, baik via ATM atau Internet Banking.


Penutup


Sejauh ini saya menikmati keberadaan flip di Android saya. So helpfull dan solutif sekali. Dan saya yakin saya tidak sendiri, banyak juga orang lain yang merasa terbantu alasannya ialah keberadaannya.


Bukan saja alasannya ialah sistemnya yang sanggup menciptakan kita lebih berhemat, melainkan ada hal lain yang jadi pertimbangan pribadi saya. Bagi pengguna Bank BCA dan ingin melaksanakan transfer via Internet Banking ke bank lain tentu tahu kan bersama-sama prosesnya tidak sanggup realtime eksklusif sampai.


Menggunakan layanan LLG, biasanya transfer gres hingga dalam 2-3 hari kerja. Dan dengan flip hal itu teratasi. Saya jadi sanggup transfer ke beda bank secara eksklusif dari e-banking. Bukan cuma alasannya ialah ingin ekonomis biaya admin, tapi juga lebih ekonomis dan efisien waktu.


Nah barangkali itu saja mungkin review jujur yang lebih ke dongeng pengalaman saja wacana aplikasi Flip. Bagi yang mau coba mencicipi sensasi transfer beda bank gratis, silakan eksklusif download aja aplikasinya di Playstore sekarang.


Sekian dan terima kasih. Semoga bermanfaat.


Advertisement

Iklan Sidebar