Info Terbaru 2022

Penulisan Tanggal Dalam Bahasa Inggris Yang Benar Cara Membacanya

Penulisan Tanggal Dalam Bahasa Inggris Yang Benar Cara Membacanya
Penulisan Tanggal Dalam Bahasa Inggris Yang Benar Cara Membacanya

Terkait penulisan tanggal, jikalau dalam bahasa Indonesia cukup sederhana dan pastinya kita sudah sangat familiar, misalnya 9 Januari 2019. Cara bacanya sama dengan cara penulisannya, yakni ‘Sembilan Januari Dua Ribu Sembilan Belas’. Namun kali ini kita akan membahas perihal penulisan tanggal dalam Bahasa Inggris. Yang mana pastinya punya beberapa perbedaan dari segi hukum penulisan dan juga cara membaca tanggal maupun tahunnya.


Setidaknya ada dua cara penulisan tanggal yang berlaku secara formal dalam Bahasa Inggris. Yakni merujuk pada dua gaya bahasa Inggris yang paling populer, American English (AE) dan juga British English (BE). Kaprikornus pada prakteknya nanti, tentu harus diubahsuaikan dengan gaya bahasa Inggris mana yang kita gunakan. Adapun kalau orang Indonesia sendiri lebih banyak menggunakan American English.


Baik, berikut yakni hukum penulisan tanggal dalam Bahasa Inggris yang benar dan formal. Lengkap dengan cara membacanya, baik itu dalam gaya American English maupun Britis English.


Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris


 jikalau dalam bahasa Indonesia cukup sederhana dan pastinya kita sudah sangat familiar Penulisan Tanggal Dalam Bahasa Inggris yang Benar  Cara Membacanya
pixabay.com

Seperti kita tahu dalam bahasa Inggris, kita mengenal ada Cardinal Number (angka kartu), yakni berupa angka asli, 0 1 2 3, dst. Dan yang kedua ada Ordinal Number yakni bentuk ‘angka peringkat’ atau bilangan bertingkat. Dalam bahasa Indonesia dapat diartikan menjadi: pertama, kedua, ketiga, keempat, dst.


Adapun dalam bahasa Inggris penulisannya yakni dengan menambah 4 atribut st, nd, rd dan th pada selesai angkanya. Sehingga menjadi 1st (first), 2nd (second), 3rd (third), 4th (fourth), dst. Dan format angka inilah yang digunakan pada kadiah penulisan tanggal dalam bahasa Inggris. Walaupun dalam situasi tidak terlalu formal juga sering digunakan format angka biasa (cardninal number).


Dengan penambahan atribut akhiran, cara membaca ordinal number pun jadi sangat berbeda dari angka aslinya. Berikut yakni tabel cara baca ordinal number dengan jumlah 31 angka, sesuai dengan jumlah maksimal hari dalam satu bulan.













































































































































Ordinal #DibacaKeterangan
1stFirst
2ndSecond
3rdThird
4thFourthDari 4 s.d 20 menggunakan akhiran th
5thFifth
6thSixth
7thSeventh
8thEighth
9thNinth
10thTenth
11thEleventh
12thTwelfth
13thThirteenth
14thFourteenth
15thFifteenth
16thSixteenth
17thSeventeenth
18thEighteenth
19thNineteenth
20thTwentieth
21stTwenty-firstDiambil ujugnya saja (1st, 2nd, 3rd). Kaprikornus tidak boleh Twentieth First, Twenteth-second , Twenteth-third
22ndTwenty-second
23rdTwenty-third
24thTwenty-fourth24 s.d 30 menggunakan akhiran th
25thTwenty-fifth
26thTwenty-sixth
27thTwenty-seventh
28thTwenty-eighth
29thTwenty-ninth
30thThirtieth
31stThirty-firstsama dengan 21st

Penulisan Tanggal Dalam Bahasa Inggris Amerika (American English)


 jikalau dalam bahasa Indonesia cukup sederhana dan pastinya kita sudah sangat familiar Penulisan Tanggal Dalam Bahasa Inggris yang Benar  Cara Membacanya
pixabay.com

Kita telah mengetahui bahwa penulisan tanggal dalam bahasa Inggris itu harus menggunakan ordinal number. Sekarang mari kita bahas cara penulisannya secara lengkap beserta bulan dan tahunnya. Plus cara bacanya juga yang harus dilafalkan secara benar.


Dalam kaidah bahasa Inggris Amerika (American English), cara penulisan tanggalnya yakni dengan format sebagai berikut.



January 9th, 2019



Detail Cara Penulisan:



  • 1. Dimulai dengan menulis nama bulan dengan lengkap (tidak disingkat)

  • 2. Diikuti dengan angka tanggal dan tanda koma (,)

  • 3. Kasih spasi dan tuliskan tahun dengan lengkap (4 digit)


Nah itulah hukum baku dan formal dalam penulisan tanggal yang benar dalam format bahasa Inggris ala American English. Cukup mudah, bukan. Hanya tinggal dibalik saja, nama bulan jadi ditempatkan di awal dan diikuti tanggal. Jangan lupa menambahkan tanda koma (,) setelah angka ordinal, kemudian spasi sebelum penulisan tahun.


Jadi hukum singkatnya month-day-year. Dalam format angka dapat ditulis 9/01/2019 atau 9/1/2019.


Cara Membaca Tanggal American English


Kaidah berikutnya yang perlu diperhatikan yakni terkait cara membacanya. Ada hukum tertentu yang harus dipatuhi. Namun cukup simpel kok, caranya cukup dengan membaca sesuai yang tertulis namun dengan menambahkan kata “The” pada Tanggalnya.


Jadi pada pola di atas,


January 9th, 2019 dibaca January The Ninth, Two Thousand Nineteen.


Atau jikalau tanpa menyebutkan tahun menjadi hanya: January The Ninth.


Contoh dalam kalimat percakapan


Johny: What’s the day today?


Maria: Today is Wednesday


Johny: I see, what is the date today?


Maria: Today is January the ninth (January 9th)


Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris British (British English)


 jikalau dalam bahasa Indonesia cukup sederhana dan pastinya kita sudah sangat familiar Penulisan Tanggal Dalam Bahasa Inggris yang Benar  Cara Membacanya
pixabay.com

Berikutnya kita bahas penulisan tanggal dalam bahasa Inggris ala British English. Seperti kita tahu, walau sama-sama Bahasa Inggris, tapi antara American dan British English itu cukup banyak perbedaan, baik dari kosakata, pronunciation sampai grammarnya juga. Dan dalam hukum penulisan tanggalpun juga demikian.


Cara penulisan tanggal dalam bahasa Inggris British berbeda dengan American. Format penulisan tanggal yang digunakan yakni sebagai berikut.



9th January 2019




  • 1. Tulis angka tanggal

  • 2. Tulis nama bulan dengan lengkap

  • 3. Tulis tahun juga dengan lengkap.


Aturan penulisan tanggalnya hampir sama dengan dalam bahasa Indonesia. Yakni menempatkan angka tanggal di awal, kemudian bulan dan tahunnya. Namun menyerupai dibahas di awal, angka tanggalnya tetap menggunakan ordinal number.


Dalam format lainnya yang tidak terlalu formal dapat juga ditulis tanpa ordinal number menjadi 9 January 2019. Atau dalam format angka menjadi



  • 9/1/2019

  • 9-1-2019

  • 9.1.19


Cara Membaca Tanggal British English


Walaupun ditulis dengan susunan menyerupai dengan bahasa Indonesia, tapi untuk urusan cara baca tetaplah berbeda. Dalam kaidah British English, cara membaca atau menyebutkan tanggal dapat dilihat dari pola berikut.


9th January 2019 dibaca The ninth of January two thousand nineteen. 


Jadi caranya yakni dengan menambahkan kata “The” sebelum angka dan kata “of” sebelum nama bulan, dilanjut dengan menyebut nama tahun secara lengkap.


Contoh penyebutan tanggal dalam percakapan


Bejo: What date is it?


Paijo: It’s the second of February. (2nd February)


Cara Membaca Tahun dalam Bahasa Inggris


 jikalau dalam bahasa Indonesia cukup sederhana dan pastinya kita sudah sangat familiar Penulisan Tanggal Dalam Bahasa Inggris yang Benar  Cara Membacanya
pixabay.com

Hal yang perlu diketahui bahwa penyebutan nama tahun dalam bahasa Inggris itu ada beberapa cara yang diubahsuaikan dengan tahunnya. Cara penyebutan nama tahun sebelum tahun 2000 dan sehabis 2000 biasanya dibentuk berbeda. Lebih jelasnya, mari kita lihat pola saja di bawah ini.


Sebelum tahun 2000



  • 1596 : Fifteen ninety-six

  • 1800 : Eighteen hundred

  • 1901 : Nineteen hundred and one atau nineteen oh one

  • 1905 : Nineteen oh five


Setelah tahun 2000



  • 2000: two thousand

  • 2004: two thousand and four atau dapat juga twenty oh four

  • 2019: Two thousand and nineteen atau twenty nineteen


source: https://dictionary.cambridge.org/


Contoh Penulisan Tanggal Bahasa Inggris


Untuk sekadar pelengkap dan memudahkan pemahaman, berikut kami sajikan pola penulisan tanggal dalam bahasa Inggris formal versi Amerika dan British. Lengkap dengan pola 12 nama bulan.






































































TanggalAmerican EnglishBritish English
1 JanuariJanuary 1st, 20191st January 2019
14 FebruariFebruary 14th, 201914th February 2019
18 MaretMarch 18th, 201918th March 2019
2 AprilApril 2nd, 20192nd April 2019
11 MeiMay 11th, 201911th May 2019
3 JuniJune 3rd, 20193rd June 2019
2 JuliJuly 2nd, 20192nd July 2019
30 AgustusAugust 30th, 201930th August 2019
29 SeptemberSeptember 29th, 201929th September 2019
7 OktoberOctober 7th, 20197th October 2019
21 NovemberNovember 21st, 201921st November 2019
31 DesemberDecember 31st, 201931st December 2019

Catatan: Untuk situasi nonformal tertentu, penulisan nama bulan juga dapat disingkat. Selain May dan June, dapat disingkat menjadi JanFebMarAprJulAugSeptOctNovDec.


Kesimpulan


Itu dari uraian lengkap perihal hukum penulisan tanggal dalam bahasa Inggris British dan juga American. Intinya dalam American English, nama bulan ditempatkan sebelum tanggal dan tahun. Pun dengan penulisan tanggal dengan format angka, ditulis dengan urutan bulan-tanggal-tahun, misal 2/13/2019 (February 13rd).


Dan untuk British English ditulis sama dengan hukum Bahasa Indonesia, namun tetap dengan ordinal number untuk situasi formal. Dan dengan cara membaca yang menambahkan kata ‘the’ sebelum tanggal dan ‘of’ sebelum menyebut bulan, kemudian diakhiri penyebutan tahun dengan hukum yang tertulis di atas.


Semoga gosip ini bermanfaat. Sampai jumpa di artikel belajar bahasa Inggris Inspirilo berikutnya. Terima kasih.


Advertisement

Iklan Sidebar