Info Terbaru 2022

30 Teladan Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar + Cara Membuatnya [Doc]

30 Teladan Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar + Cara Membuatnya
[Doc]
30 Teladan Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar + Cara Membuatnya
[Doc]

Contoh surat lamaran kerja – Bagi kau yang ketika ini berencana melamar kerja ke sebuah perusahaan tentu memerlukan surat lamaran kerja sebagai salah satu kelengkapan persyaratan. Di artikel kali ini inspirilo akan menyajikan banyak sekali contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar secara lengkap. Benar secara struktur, tata bahasa dan ejaannya sesuai EYD.


Tentang Surat Lamaran Kerja


Secara prioritas, tingkat kepentingan surat lamaran kerja ada di bawah CV (Curriculum Vitae) atau resume. Dalam artian, poin evaluasi HRD terhadap seorang pelamar akan lebih berat pada CV yang dilampirkan ketimbang surat lamaran kerjanya.


Kenapa?


Karena pada banyak masalah surat lamaran kerja yang ada itu isinya gitu-gitu aja. Isinya hampir serupa. Pihak HRD sudah bisa menebak isi daripada surat lamaran.


Sehingga jarang dijadikan evaluasi utama untuk memilih cantik tidaknya seorang pelamar. Singkat kata, surat lamaran ini bisa dibilang hanya formalitas.


Baca artikel tentang Contoh CV lamaran kerja. Di sana kami menyajikan 25 contoh CV lamaran kerja yang menarik dan kreatif yang memikat HRD.


 Bagi kau yang ketika ini berencana melamar kerja ke sebuah perusahaan tentu memerlukan sur 30 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar + Cara Membuatnya [Doc]


Kendati demikian, sebagai seorang pelamar yang baik kau tetap harus menciptakan surat lamaran yang baik, sesuai standar, struktur yang benar dan juga bahasa yang sopan.


Contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar di sini juga kami sajikan file doc nya yang bisa kau download dan jadikan referensi. Di potongan final juga disertakan tips serta cara menciptakan surat lamaran kerja yang baik dan benar sesuai EYD, dengan tulis tangan, cetak maupun lamaran kerja via email.


Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar


Baik, tanpa berlama-lama di bawah ini ialah kumpulan contoh surat lamaran kerja secara umum dan terbaru.


Sangat pas buat fresh graduate maupun yang sudah pengalaman dan hendak melamar. Guna mengisi lowongan kerja sebagai karyawan di banyak sekali perusahaan menyerupai Bank, BUMN, Pabrik (PT), toko retail menyerupai Alfamart dan lain-lainnya. Cek di bawah ini. Bagi kau yang ketika ini berencana melamar kerja ke sebuah perusahaan tentu memerlukan sur 30 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar + Cara Membuatnya [Doc]










Cianjur, 31 Januari 2018

Kepada:


Yth. Bapak/Ibu Personalia

PT ACE Hardware Indonesia Tbk

Jl. Bintaro Utama Raya, Sektor CBD Kav. 11/B7

Tangerang Selatan


Dengan hormat,


Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan yang dimuat di Halaman Facebook Recruitment PT ACE Hardware Indonesia tertanggal 29 Januari 2018, dengan ini saya bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan untuk menempati posisi sebagai Visual Merchandiser (VM).


Berikut ialah data singkat saya



































Nama:Achmad Wibowo
Tempat, tanggal lahir:Cianjur, 06 Mei 1997
Pendidikan terakhir:SMK (Jurusan Akuntansi)
Alamat lengkap:Jl. Badak Cula Tiga No. 72A, Mekarsari, Cianjur
No. Handphone:0857-5826-852
Alamat email:wibowo.ahmad@gmail.com

Saya mempunyai pengalaman bekerja di bidang retail selama 3 tahun di salah satu perusahaan retail terkemuka di Bekasi. Saya sanggup mengoprasikan beberapa aktivitas komputer, menyerupai MS. Office Word dan Excel dengan baik.


Selain itu saya juga mempunyai kondisi kesehatan yang baik, bisa bekerja optimal secara tim maupun individu. Saya siap memperlihatkan pengabdian dan kompetensi terbaik saya dalam bekerja demi kemajuan perusahaan.


Sebagai materi pertimbangan saya lampirkan beberapa berkas sebagai berikut :



  1. Daftar Riwayat Hidup

  2. Foto Copy KTP

  3. Pas Foto Terbaru

  4. Foto Copy Ijazah Terakhir

  5. Foto Copy Transkrip Nilai

  6. Foto Copy  Kartu AK/1

  7. Foto Copy  SKCK


Demikian surat permohonan lamaran kerja ini saya ajukan. Besar harapan saya untuk bisa diberikan kesempatan mengikuti test seleksi dan wawancara supaya saya bisa menjelaskan lebih lanjut mengenai potensi diri saya.


Atas perhatian dan kesempatan yang diberikan saya ucapkan terima kasih.










Hormat saya,


 


(Tanda tangan)


 Achmad Wibowo



 



Surat Lamaran Pekerjaan Umum


 Bagi kau yang ketika ini berencana melamar kerja ke sebuah perusahaan tentu memerlukan sur 30 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar + Cara Membuatnya [Doc]










Bandung, 25 April 2018

Kepada Yth,

Manager Billionaire Corporation

Di tempat


Dengan hormat,


Sesuai dengan informasi lowongan kerja yang termuat di status akun Facebook Dewa Eka Prayoga tanggal 21 April 2018, bahwa Billionaire Corporation sedang membutuhkan segera tim kerja dalam posisi “Admin Social Media”, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini:



































Nama:Bony Sundah
Tempat & Tanggal Lahir:Bandung, 6 Januari 1999
Pendidikan terakhir:SMK (Jurusan Multimedia)
Alamat Lengkap:Kp. Kaum RT.05 RW. 09 Ds. Dayeuh Kolot, Kec. Dayeuh Kolot, Bandung – 40258
HP:0877-9087-0985
Email aktif:bony.sun@gmail.com

bermaksud untuk  mengajukan lamaran pekerjaan guna mengisi posisi tersebut. Saya mempunyai pengalaman kerja di bidang retail dan menyukai aktifitas penjualan. Selain itu, saya juga menyenangi hal yang berbau kewirausahaan, motivasi sukses, dan pengembangan diri, juga internet.


Maka bersama ini saya lampirkan satu lembar daftar riwayat hidup (CV) dan data pendukung lainnya sebagai materi pertimbangan, antara lain:



  1. Pas Foto Terbaru

  2. Curriculum Vitae

  3. Foto Copy KTP

  4. Foto Copy Ijazah Terakhir

  5. Foto Copy Transkrip Nilai

  6. Foto Copy  Sertifikat Penghargaan

  7. Foto Copy  SKCK


Bila dikehendaki, saya bersedia memenuhi panggilan Bapak/Ibu untuk diwawancarai. Besar harapan saya untuk bisa bergabung menjadi potongan dari tim kerja Billionaire Corporation.


Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.










Hormat saya,


 


Bony Sundah




Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Bagi kau yang ketika ini berencana melamar kerja ke sebuah perusahaan tentu memerlukan sur 30 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar + Cara Membuatnya [Doc]


Untuk lamaran kerja via email sendiri, kita menuliskannya di body email dengan disertai file Curriculum Vitae sebagai Attachment-nya. Dan dalam penulisan surat lamaran via email sendiri disarankan untuk membuatnya simpel dan jelas. Cukup jelaskan maksud, posisi yang hendak dilamar dan kontak HP yang bisa dihubungi.


Contohnya ialah sebagai berikut.


Surat lamaran kerja sebagai Pramuniaga (Store Associate) di Toko Buku Gramedia



Yth. Bapak/Ibu HRD PT Gramedia Asri Media.


Terkait adanya informasi bahwa PT Gramedia Asri Media sedang membutuhkan tenaga profesional untuk posisi sebagai Pramuniaga/Store Associate, berikut ini saya lampirkan CV dan banyak sekali data kelengkapan lain sebagai materi pertimbangan.


Besar harapan saya untuk diberi kesempatan mengikuti test seleksi dan wawancara supaya saya sanggup menjelaskan lebih mendalam mengenai diri saya. Jika Bapak/Ibu membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai saya, bisa menghubungi melalui email ini atau melalui no. handphone 0857-9907-4532.


Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.


Hormat Saya,

Rendy Sigit Pasha


Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Sesuai EYD Bagi kau yang ketika ini berencana melamar kerja ke sebuah perusahaan tentu memerlukan sur 30 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar + Cara Membuatnya [Doc]










Sumedang, 16 Mei 2018

Kepada:

Yth. Bapak/Ibu Pimpinan

Nurzaga Corp

Tanjung Sari – Sumedang


Dengan hormat,


Saya yang bertandatangan di bawah ini:








































Nama:Fajar Qonita
Tempat/Tgl. Lahir:Sumedang, 9 Agustus 2000
Pendidikan terakhir:SMAN 3 Sumedang
Usia:19 Tahun
Alamat:Jl. Pacuan Kuda, Tanjung Sari, Sumedang
Handphone:0857-456-0983
Email:fajar.qonita@yahoo.co.id

bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan di Perusahaan Online Marketing Nurzaga Corp.


Saya mengenal dan bisa mengoprasikan beberapa aktivitas komputer dan internet, juga social media dengan baik. Memiliki kondisi kesehatan yang baik, bisa bekerja optimal secara tim maupun individu.


Saya siap memperlihatkan pengabdian dan kompetensi terbaik saya dalam bekerja demi kemajuan perusahaan. Sebagai materi pertimbangan saya lampirkan beberapa file berikut :



  • 1) Daftar Riwayat Hidup

  • 2) Foto Copy KTP

  • 3) Foto Copy Ijazah Terakhir

  • 4) Foto Copy Transkrip Nilai

  • 5) Foto Copy SKCK


Demikian surat lamaran kerja ini Saya ajukan. Besar harapan Saya bisa diberikan kesempatan interview untuk bisa menjelaskan lebih lanjut mengenai potensi diri saya.


Atas perhatian dan kesempatan yang diberikan, Saya ucapkan terima kasih.










Hormat Saya,


 


 


Fajar Qonita




Contoh Surat Lamaran Kerja di PT (Pabrik)


Berikutnya ialah contoh surat lamaran kerja bagi kau yang hendak melamar pekerjaan sebagai karyawan dengan posisi operator produksi (OP) di sebuah PT atau Pabrik. Bisa juga diaplikasikan untuk menempati posisi lainnya.










Bekasi, 14 Februari 2018

Kepada:


Yth. Bapak/Ibu Pimpinan

PT. Indonesia Epson Industry

Jalan Cisokan Raya, Cikarang Selatan,

Bekasi, Jawa Barat 17550


Dengan hormat,


Saya yang bertanda tangan dibawah ini :



































Nama:Gilang Wardhani
Tempat, tanggal lahir:Semarang, 4 Mei 1997
Pendidikan terakhir:SMK Negeri 3 Semarang
Alamat:Banyumanik, kota Semarang, Jawa Tengah
No. HP:0877-5643-123
Surel:gilang.w@gmail.com

melalui surat ini bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk mengisi posisi sebagai Operator Produksi.


Saya berkepribadian giat dan bisa bekerja di bawah tekanan. Selain itu kesehatan badan saya juga sangat prima. Dan sebagai materi pertimbangan, saya lampirkan berkas sebagai berikut :



  • 1) CV / Daftar Riwayat Hidup

  • 2) Pas foto terbaru

  • 3) Foto Copy Ijazah Terakhir

  • 4) Foto Copy Kartu Kuning

  • 5) Foto Copy Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)


Demikian surat lamaran kerja ini saya ajukan. Besar harapan saya untuk mendapat kesempatan interview / wawancara kerja untuk lebih menjelaskan potensi diri saya.


Sekian dan terima kasih.










Hormat saya,


 


(Tanda tangan)


Gilang Wardhani



 



Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank









Jakarta, 28 Februari 2018

Hal  : Lamaran Pekerjaan


Kepada Yth.

Bapak/Ibu Personalia

PT. Bank Central Asia TBK


Jl. Matraman No.14-16, RT.2/RW.1, Kb. Manggis, Jakarta


Dengan hormat,


Saya yang bertanda tangan di bawah ini:



































Nama:Fira Chaerunnisa
Tempat/Tgl. Lahir:Jakarta, 06 Agustus 1996
Pendidikan terakhir:S1 Ekonomi Universitas Trisakti
Alamat:Jalan Raya Sukabumi Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat 11560
No. HP:0857-7865-142
Email:fira.chae@gmail.com

Dengan ini bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan untuk menempati posisi sebagai Program Branch Improvement di Bank BCA Matraman.


Saya mempunyai riwayat pendidikan yang baik dengan nilai final yang memuaskan. Selain itu saya juga hebat mengoprasikan komputer dan beberapa software akuntansi. Ditunjang dengan etos kerja tinggi dan kondisi kesehatan yang baik, saya siap memperlihatkan pengabdian terbaik pada perusahaan.


Sebagai materi pertimbangan saya lampirkan beberapa berkas pendukung sebagai berikut:



  1. Pas foto terbaru

  2. CV (Daftar Riwayat Hidup)

  3. Foto copy KTP

  4. Foto copy Ijazah

  5. Foto copy SKCK

  6. Foto copy Surat Keterangnn Sehat


Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya ajukan. Besar harapan saya untuk bisa diterima kerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.


Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.


 










Hormat saya,


 


Fira Chaerunnisa



Contoh Surat Lamaran Kerja di Alfamart









Bandung, 28 Februari 2018

 


Kepada Yth.

HRD Manager 

PT. Sumber Alfaria Trijaya, TBK.


Jl. Soekarno Hatta No.791, Cisaranten Wetan,


Gedebage, Babakan Penghulu, Cinambo, Kota Bandung


Dengan hormat,


Sesuai informasi lowongan kerja yang dimuat di Disnakertrans Kota Bandung tertanggal 14 Februari 2018, menyatakan bahwa perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin kini ketika ini sedang membuka lowongan pekerjaan untuk posisi sebagai Store Crew (Kasir).


Untuk itu saya yang bertanda tangan di bawah ini:



































Nama:Ghea Noviyanti
Tempat/Tgl. Lahir:Bandung, 5 Mei 1997
Pendidikan terakhir:SMK (Administrasi Perkantoran)
Alamat:Jalan Raya Buah Batu No. 73, Kab. Bandung
No. Telepon:0262-765432

bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan untuk posisi tersebut.


Saya mempunyai nilai pendidikan yang memuaskan dan kondisi badan yang baik. Saya bisa mengoprasikan komputer dan bisa bekerja secara maksimal, baik secara tim maupun individu.


Berikut saya lampirkan beberapa file sebagai materi pertimbangan.



  1. Daftar Riwayat Hidup

  2. Pas foto 4×6 terbaru

  3. Foto copy KTP

  4. Foto copy Ijazah

  5. Foto copy SKCK

  6. Foto copy transkrip nilai


Saya berharap bisa diberikan kesempatan wawancara untuk lebih memperlihatkan potensi diri secara lebih detail.


Sekian surat lamaran ini saya buat. Atas perhatian dan kesempatannya, saya ucapkan terima kasih.


 












Hormat saya,


 


Ghea Noviyanti



Contoh Surat Lamaran Kerja Terbaru


Kepada HRD Manager


Midi Utama Indonesia TBK


Jl. Jababeka XI Blok M1 No.6, Harja Mekar,


Cikarang Utara, Bekasi, Jawa Barat 17530


 


Dengan hormat


Sebagaimana informasi lowongan kerja di halaman facebook Alfamidiku tertanggal 13 Februari 2018, yang menginformasikan bahwa PT. Midi Utama Indonesia tengah membuka lowongan pekerjaan dengan posisi sebagai Staff Trainer. Untuk itu saya bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan untuk mengisi posisi tersebut.


Adapun biodata singkat saya ialah sebagai berikut:



































Nama:Zakya Arianti
Tempat/Tgl. Lahir:Bogor, 7 Agustus 1996
Pendidikan terakhir:S1 Universitas Parahyangan
Alamat:Jalan Proklamasi no.8 , Cikarang, Bekasi.
No. Telepon:0877-9820-250
 Email : zakya.ar@hotmail.com

Saya mempunyai keamampuan komunikasi dan kepemimpinan yang baik. Selain itu saya juga mempunyai pengalaman magang di salah satu forum pengembangan diri di kawasan Bekasi. Melalui kombinasi keterampilan dan pengalaman ini, saya yakin bahwa saya sanggup menjadi aset bagi perusahaan Anda.


Sebagai materi pertimbangan, saya telah melampirkan arsip sebagai berikut:



  1. Daftar Riwayat Hidup (1 Lembar)

  2. Pas foto 4×6 terbaru (3 lembar)

  3. Foto copy KTP (1 Lembar)

  4. Foto copy Ijazah (1 Lembar)

  5. Foto copy SKCK (1 Lembar)

  6. Foto copy transkrip nilai (1 Lembar)


Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya ajukan. Besar harapan saya mendapat kesempatan interview / wawancara untuk menjelaskan secara lebih rinci perihal potensi saya.


Sekian dan terima kasih.


Hormat saya,


Lisa Handayani


Contoh Surat Lamaran Pekerjaan dalam Bahasa Inggris


2340 University Avenue

Green Bay, WI 54311


September 22, 200X


Jacqueline C. James

Program Director

Fox Valley Autism Center

309 De Witt Street

Appleton, WI 54911


Dear Ms. James:


After reading the Family Advocate listing available with Fox Valley Autism Center on the Career Services’ Phoenix Recruitment Online, I have become quite interested in this position. A senior at the University of Wisconsin-Green Bay, I will complete my Bachelor’s Degree in Human Development in May 20XX. The prospect of joining your staff in this role would be a welcome and exciting challenge.


Over the past semester, I have had the opportunity to participate in an internship with the Wisconsin Early Autism Project. This involved working one-on-one with autistic children on cognitive and behavioral issues, and participating in staff meetings to review therapy plans. Through this experience, I have demonstrated the ability to work independently as well as become a valued team member. In addition to my internship, my communication and leadership skills have been cultivated through my extracurricular involvement and conducting class group projects and presentations. Through this combination of skills and experience, I am confident that I could be an asset to your staff in the Family Advocate position.


My resume is enclosed for your review. If you have questions or wish to arrange an interview, I may be reached at (920) 639-XXX. Thank you for your time and consideration.


Sincerely,


Lisa Andriana


Contoh Surat Lamaran Kerja Doc


Di potongan ini kami menyajikan contoh surat lamaran kerja dalam bentuk file Doc atau Word yang bisa kau edit dan jadikan referensi.


Seperti dikatakan di awal, beberapa perusahaan mungkin mensyarakatkan calon karyawannya untuk menulis surat lamarannya dengan tulis tangan. Terkait hal itu tentu tidak masalah, kau bisa menyalinnya dengan goresan pena tangan di selembar kertas folio bergaris.


Untuk mendapat template atau contoh surat lamaran kerja dalam bentuk doc silakan klik Di SINI. Silakan dipilih, diedit dan diubahsuaikan dengan keperluan masing-masing.


Cara Membuat Surat lamaran Kerja yang Baik dan Benar


 Bagi kau yang ketika ini berencana melamar kerja ke sebuah perusahaan tentu memerlukan sur 30 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar + Cara Membuatnya [Doc]Di atas kami telah menyediakan beberapa contoh surat lamaran pekerjaan untuk banyak sekali macam tujuan dan keperluan. Dengan penulisan sesuai EYD / PUEBI dan juga tata bahasa yang sopan.


Sebagai pelengkap, di bawah ini kami mencantumkan secara singkat perihal cara menciptakan surat lamaran kerja yang baik dan benar. Bagaimana struktur suratnya dari atas sampai bawah. Dan hal-hal apa saja yang seharusnya ada dalam sebuah surat lamaran kerja.


Berikut ialah langkah sistematis (runut) perihal cara menciptakan surat lamaran kerja.


1. Ketahui Struktur Surat Lamaran Kerja


Hal pertama yang perlu kau ketahui ialah perihal struktur surat lamaran kerja secara umum. Ya dengan mengetahui struktur surat lamaran, kau jadi bisa membuatnya dengan lebih tertata dan tentunya sesuai standar.


Adapun struktur surat lamaran tersebut bisa dibagi setidaknya bisa kita jabarkan menurut hal-hal penting yang biasa ada dalam sebuah surat lamaran.


Dan berikut ini setidaknya ada 8 hal yang harus ada dalam sebuah surat lamaran kerja.



  • Tanggal pembuatan surat lamaran

  • Nama perusahaan dan alamatnya

  • Salam pembuka

  • Identitas diri

  • Penjelasan ringkas perihal keunggulan diri sesuai kualifikasi lowongan kerja

  • Penulisan arsip atau berkas lamaran yang dilampirkan

  • Penutup

  • Tanda tangan


Mulailah buat surat lamaran kerjamu


Memang tidak ada hukum baku perihal surat lamaran kerja ini harus ditulis tangan atau diketik memakai MS. Word di komputer. Namun pada kebanyakan kasus, pihak HRD lebih menyukai surat lamaran kerja yang ditulis tangan langsung.


Karena terkadang ada pihak HRD yang juga melaksanakan evaluasi pada goresan pena yang dibentuk oleh si pelamar dalam surat lamarannya.


Namun pada prakteknya, diubahsuaikan saja dengan keadaan. Tergantung perminataan perusahaan tempat kau melamar kerja. Mau tulis tangan ataupun diketik di MS. Word untuk kemudian dicetak – itu sama saja.


Seperti dikatakan di awal, surat lamaran kerja ini bergotong-royong tidak akan benar-benar dibaca oleh pihak HRD. Karena memang rata-rata surat lamaran kerja yang dikirim oleh semua pelamar isinya hampri serupa, dan bisa ditebak.


Jadi kau sebagai pelamar kerja diharap untuk jangan terlalu mencurahkan perhatian pada surat ini. Buat yang standar saja, yang penting datanya benar dan kalimatnya sopan.


Jika ditulis tangan, pakailah kertas folio dan gunakan pulpen warna hitam sebagai alat tulisnya. Adapun bila diketik, cetaklah surat lamaran kerjamu di kertas ukuran A4.


Untuk file doc contoh surat lamaran kerja bisa kau download di potongan sebelumnya.


Tips menciptakan surat lamaran pekerjaan secara efektif


Kemudian di bawah ini ialah tips tambahan yang bisa kau terapkan dalam menciptakan surat lamaran pekerjaan.


Dengan menerapkan tips ini, setidaknya bisa meminimalisir banyak sekali kesalahan yang mungkin ada ketika pembuatan surat lamaran kerjamu.



  1. Buat surat lamaran dengan tulis tangan

  2. Perhatikan struktur penulisan

  3. Gunakan kalimat efektif. Jangan bertele-tele.

  4. Usahakan cukup muat dalam satu halaman saja

  5. Buat sekadarnya saja, tidak usah terlalu sempurna.


Tips menyusun berkas lamaran kerja


Terakhir ialah tips dalam menyusun berkas lamaran kerja yang tentunya terdiri dari banyak sekali macam berkas. Berkas-berkas tersebut haruslah disusun secara rapih dan berurutan. Tujuannya ialah untuk memudahkan HRD tatkala mengusut berkas lamaran kerjamu.


Terkait surat lamaran sendiri, pada umumnya biasa ditempatkan di potongan depan (atas). Kemudian dilanjut dengan susunan berkas lainnya, menyerupai CV dan sura-surat kelengkapan.


Padahal, akan lebih baik bila penyusunannya ialah mendahulukan CV ketimbang surat lamaran. Alasannya sudah terang ya. Di atas sudah dijelaskan beberapa kali perihal peranan penting sebuah CV ketimbang surat lamaran.


Jadi tempatkanlah surat lamaran kerja sehabis CV. Dengan kata lain, CV ada di urutan paling atas (depan). Dengan tujuan supaya berkas lamaranmu lebih gampang dicek oleh pihak HRD. Dan bisa jadi menambah nilai plus dari situ. Kurang lebih susunan berkas lamaran kerja dan surat lamarannya ialah sebagai berikut.



  • Pas Foto

  • CV (Curriculum Vitae)

  • Surat Lamaran

  • SKCK

  • Foto Copy Ijazah

  • Transkrip nilai

  • dll (menyesuaikan)


Penutup


Nah itulah tadi kumpulan contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar. Kesemuanya bisa kau tiru dan sesuaikan dengan lowongan pekerjaan yang dilamar.


Semoga artikel perihal surat lamaran kerja ini bermanfaat dan memperlihatkan kelancaran buat kau dalam urusan melamar kerja sampai mendapat pekerjaan impian. Jangan lupa baca juga artikel perihal contoh CV dan juga pertanyaan interview kerja yang kau harus pelajari.


Advertisement

Iklan Sidebar